Monday, 20 December 2010

Tips Manajemen Waktu

Banyak orang terkadang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik sehingga banyak hal yang terewatkan atau bahkan waktunya habis dengan sia-sia. Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk berbagi sedikit tips mengenai manajemen waktu.
Adapun tips - tipsnya adalah sebagai berikut :
1. Rencanakanlah hari Anda setiap pagi dengan menuliskan hal-hal yang wajib Anda lakukan. Tandai setiap pekerjaan yang telah diselesaikan pada hari itu.
2. Jangan mengunjungi teman sebelum terlebih dahulu memberikan kabar kepadanya atau menghubunginya lewat telepon.
3. Senantiasa menyimpan pulpen, kertas, dan buku catatan dalam kantong bajumu, untuk mencatat setiap rencana yang akan dilakukan.
4. Rencanakan waktu istirahat dan usahakan supaya berbarengan dengan waktu-waktu shalat ( bagi yang muslim).
5. Manfaatkan waktu dengan membaca, menghafal, dan pekerjaan positif lainnya.   
6. Jika membuat janji, maka tegaskanlah bahwa kedua belah pihak telah menyetujui waktu, tempat, dan alamatnya secara meyakinkan.
7. Perkirakanlah lama perjalanan menuju tempat yang dijanjikan dan tambahkanlah beberapa saat(baca:menit), sebagai kehati-hatian atas hal-hal yang tidak terduga sehingga dapat sampai tepat pada waktunya.
8. Persiapkanlah alat-alat/rujukan yang dibutuhkan ada ditangan Anda sebelum memulai pekerjaan, apakah pekerjaan itu memasak (bagi ibu-ibu), atau menulis makalah, atau mempersiapkan ceramah, atau pekerjaan lainnya.
9. Jauhilah orang-orang yang suka mencuri waktu Anda yang memiliki sikap egois. 
10. Janganlah mengambil keputusan untuk pergi dalam rangka menyelesaikan sebuah pekerjaan jika memungkinkan diselesaikan dengan menulis surat/menghubunginya lewat telepon.
11. Jika ada beberapa keperluan kecil/ada beberapa barang yang harus dibeli, maka catatlah dalam daftar yang memuat seluruh keperluan tersebut.  
12. Janganlah membuang-buang waktu anda untuk hal yang tidak begitu penting misalnya, main game. 

0 komentar:

Post a Comment