Sunday 26 December 2010

Tips Merawat Flashdisk

Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang karena bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Karena fungsinya begitu penting, maka sangatlah penting untuk kita merawat flashdisk kita secara maksimal.
Untuk itulah saya pada kesempatan kali ini mempostingkan tips untuk merawat flashdisk dikarenakan tidak semua orang tahu dengan benar bagaimana cara merawat flashdisk yang baik.
Adapun tipsnya adalah :
1. Tidak meletakkan flashdisk di dekat medan magnet yang kuat seperti, monitor, TV, HP, travo, dll.
2. Jauhkan flashdisk dari air karena air bisa membuat komponen-komponen didalam flashdisk berkarat.
3. Jangan menempatkan flashdisk di tempat yang panas.
4. Usahakan untuk selalu melakukan proses eject dan stop sebelum mencabut flashdisk anda.
5. Pada saat memasukkan data ke dalam flashdisk usahakan tidak ada virus di dalam data tersebut.
6. Jika masih ada tutupnya (kalau belum hilang), usahakan untuk selalu menutup flashdisk anda agar komponen-komponen didalamnya tidak berdebu dan tidak lembab karena bisa mempengaruhi kemampuan penyimpanan data flashdisk.
7. Sangat dianjurkan untuk tidak terlalu sering melakukan proses hapus-tulis (delete-write) karena akan memperpendek usia flashdisk mengingat flashdisk juga memiliki usia yang terbatas.
8. Begitu juga apabila bekerja, simpanlah data ke dalam harddisk terlebih dulu, jangan langsung ke flashdisk. hal ini agar temporary file tidak akan tersimpan di dalam flashdisk yang tentunya akan menambah tugas flashdisk dan memperpendek umurnya

Hanya sekian tips dari saya, semoga berguna bagi yang membaca postingan ini.

0 komentar:

Post a Comment