Monday 29 June 2009

Tips Optimalisasi Suara MP3

Berikut ini adalah beberapa tips untuk optimalisasi suara MP3 :

1. Sampai saat ini file musik masih didominasi dengan format MP3. banyak alat pendukungnya, baik itu ponsel atau MP3 player portable dengan kapasitas yang cukup untuk melahap berbagai jenis lagu MP3 yang tergolong ringan. Pada umumnya dalam satu putaran lagu MP3 berdurasi sekitar 2 sampai 5 menit. Dengan ukuran bit rate 128 kbps dan frekuensi 44 khz. Memiliki kualitas suara stereo dengan kapasitas rata – rata sekiar 3 MB sampai 6 MB.

2. Dari berpuluh – puluh juta MP3 tentu memiliki suara yang berbeda – beda. Ada yang suaranya lembut namun ada juga yang suaranya memekakkan telinga. Ini disebabkan oleh kualitas volume MP3, tetapi tidak dipengaruhi oleh besarnya ukuran bit rate maupun frekuensi.Namun disebabkan oleh opsi volume itu sendiri. Maka, ada trik untuk mengakali kekuatan volume dari MP3 tersebut agar sesuai dengan telinga kita.
3. Untuk mendapatkan kualitas suara MP3 yang kita inginkan pelu beberapa item, yaitu komputer personal dan software MP3trim. Sebelum melakukan perubahan pada file MP3 tersebut, ukur seberapa besar kekuatan volume musik file MP3 yang kita inginkan. Selain itu penggunaan software MP3trim dipilih sebagai media alternatif yang mudah digunakan.
4. Instalansi software MP3trim ke dalam hard drive PC. Jika sudah, terdapat ikon MP3trim dan langsung klik. Kemudian masukan file MP3 yang akan diedit besar volumenya dengan cara klik file pada menu bar dan klik open dan masukkan file MP3 yang akan anda modifikasi.
5. Untuk membuat ukuran volume yang diinginkan,pada kiri bawah boks terdapat opsi pilihan kontrol suara. Setup pilihan ini berfungsi untuk menguatkan/merendahkan besarnya volume yang kita inginkan. Terdapat 2 langkah pengoperasian, jika kursor digeser ke kiri untuk merendahkan intensitas volume dan sebaliknya jika ke kanan untuk membesarkan volume MP3. disarankan jangan terlalu kencang 100% karena suara yang dihasilkan nanti akan pecah dan pekak. Lebih baik berada di angka maksimum 85 – 90% saja.
6. Dan terakhir proses penyimpanan file yakni save as untuk mengkopi file MP3 baru atau langsung save untuk menimpa file yang telah dimodifikasi tadi.

Selamat mencoba!!!!!!!

0 komentar:

Post a Comment