Monday 29 June 2009

Tips Memilih HP Musik

Terdapat beberapa poin penting di dalam memilih ponsel yang khusus di segmen pemutar musik. Tetapi jangan terlalu keras kepala karena diteknologi ponsel saat ini semakin maju. Soalnya HP sendiri sudah mengarah ke teknologi multimedia entertaiment. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, kita langsung ke poin – poin penting dalam memilih ponsel musik.


1. Kamera
Ponsel tanpa kamera bagaikan mobil tanpa body. Ini merupakan tren yang penting selain piranti audio. Untuk kemampuan kamera ponsel di indonesia saat ini telah mencapai 5 MP. bahkan di negara asal vendor raksasa ponsel dunia seperti samsung, telah menciptakan kamera dengan resolusi 10 MP. Namun sebelum membeli ponsel tersebut pertimbangkan hara juga patut diketehaui. Mengingat kualitas kamera HP 3,2 MP sudah cukup baik, dengan ukuran file yang sangat besar rata – rata 2500 kb hingga 750 kb.
2. Teknologi 3G/3,5G
Jika senang mendownload lagu – lagu MP3/video dengan internet. Teknologi 3G/3,5G adalah prasyarat mutlak karena mempunyai kecepatan transfer yang tinggi. Tapi ingat semua tergantung dengan kualitas jaringan dan juga prosesor ponsel.
3. Audio playback
Pada umumnya, format musik yang dapat diputar di ponsel multimedia adalah MP3 dan ACC. Padahal selain MP3 tersebut terdapat format musik lainnya seperti midi, AMR, WAV, WMA dan OGG. Namun untuk memilih ponsel multimedia terbaik, pastikan sudah ada pendukung audio player. Ya, minimal MP3 dan ACC. Selain itu, periksa juga apakah ponsel dapat memutar musik walaupun fitur lain tetap terbuka tanpa mengganggu aktivitas MP3.
4. Video
Ponsel kamera kelas menengah umumnya memiliki video recorder dengan kapasitas 10-15 frames per second dengan durasi 30 detk hingga 1 menit. Bahkan kini standar ponsel kelas menengah ke atas adalah VGA dengan 30 frame =s per second dan kualitasnya setara dengan DVD.
5. Wifi
Ponsel harus dilengkapi wifi. Akan sangat berguna saat mengakses internet via hotspot. Mau browsing atau download data, musik sampai video bakal dilakukan sepuasnya.
6. Memori
Kalau anda memang musicaholic, penyimpanan file harus ditandem dengan penggunaan memori eksternal yang lebih besar. Karena, ponsel entry level umumnya memiliki kapasitas memori internal yang hanya 5-32 MB sedangkan ponsel mid end berkisar antara 32–64 MB. Dan untuk high end berkisar antara 64 -160 . jadi jika mau lebih, memori eksternal seperti micro SD/transflash, SM(smart media), dan MMC(multi media card) yang mempunyai kapasitas 16 MB sampai 4 GB bisa digunakan pada ponsel yang mempunyai slot memori eksternal.
7. Baterai
Baterai adalah faktor terpenting dari sebuah ponsel multimedia. Jika daya tahannya mengecewakan, pastinya akan sangat mengganggu saat memainkan fitur musik, game, kamera ataupun video. Baterai standar yang baik mempunyai kapasitas minimal Li-ion 1000 mAh. Supaya ampuh untuk menikmati musik lebih lama, penggunaan baterai yang direkomendasi adalah Li-pro. Lebih awet dan tahan lama ketimbang Li-ion.
8. Harga
Yang terakhir tentu soal harga, untuk poin yang satu ini, vendor ponsel pasti berpatokan pada kurs dollar amerika. Jadi harganya selalu berubah –ubah, sebagai saran pilih yang benar – benar dibutuhkan jangan sampai terbawa gengsi dan prestise untuk membeli sebuah ponsel. Jadi pilihlah dengan bijak!!!!!!!

0 komentar:

Post a Comment